Sunday, September 12, 2010

Peraih nobel fenomenal


Nobel adalah sebuah penghargaan atau suatu penghormatan kepada orang2 yang di anggap berjasa pada dunia dan orang2 yang sangat luar biasa,baik dalam pergaulan maupun perjuangan dalam bidang yang sedang di tekuni nya.
mudah2an kedepannya blogger juga ada Nobel ya...hehe

Prof. Abdus Salam - Fisikawan Muslim Pertama Peraih Nobel



Prof. Abdus Salam Lahir 29 Januari 1926 di Jhang, Lahore, Pakistan, Abdus Salam tergolong duta Islam yang baik. Sebagai contoh, dalam pidato penganugerahan Nobel Fisika di Karolinska Institute, Swedia, Abdus Salam mengawalinya dengan ucapan basmalah. Di situ ia mengaku bahwa riset itu didasari oleh keyakinan terhadap kalimah tauhid. “Saya berharap Unifying the Forces dapat memberi landasan ilmiah terhadap keyakinan adanya Tuhan Yang Maha Esa,” kata penulis 250 makalah ilmiah fisika partikel itu.

Dalam usia sangat muda (22 tahun) Salam meraih doktor fisika teori dengan predikat summa cumlaude (summa cumlaude artinya nilai rata2nya adalah 4) di University of Cambridge (cambridge adalah universitas terbaik kedua didunia setelah Harvard), sekaligus meraih Profesor fisika di Universitas Punjab, Lahore. Khusus untuk pelajaran matematika ia bahkan meraih nilai rata-rata 10 di St.John’s College, Cambridge.

Prof.Abdus Salam, wafat Kamis 21 Nov 1996 di Oxford, Inggris, dalam usia 70 tahun dan meninggalkan seorang istri serta enam anak (dua laki-laki dan empat perempuan).

Salam menerima nobel pada tahun 1979 bersama dua orang rekannya weinberg dan glashow, tentang model standar dalam fisika partikel yang dikenal sebagai teori GWS (Glashow Weinberg Salam). Teori inilah yang merupakan titik tolak lahirnya mesin Large Hadron Collider (LHD) yang merupakan akselarator terbesar di dunia dan menghabiskan dana 9 miliar dolar atau sekitar 90 triliun rupiah..


Tagore Orang Asia Pertama Peraih Nobel



Rabindranath Tagore dilahirkan di Jorasanko, Kalkuta, India, pada 7 Mei 1861 dan meninggal dunia pada 7 Agustus 1941 atau dalam usia 80 tahun. Nama lain Tagore adalah Gurudev. Tagore selain dikenal sebagai sastrawan juga dikenal sebagai Brahmo Samaj, penyair, dramawan, filsuf, seniman, musikus dan sastrawan Bengali.

sastrawan besar Rabindranath Tagore Dia merupakan orang Asia pertama yang mendapat hadiah Nobel bidang sastra. Penghargaan itu diraihnya pada 14 November 1913. Pemikirannya soal pendidikan sangat memengaruhi bapak pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara yang mendirikan Taman Siswa.



Elinor Ostrom Perempuan Pertama Peraih Nobel Bidang Ekonomi



Elinor Ostrom menjadi perempuan pertama yang memenangkan penghargaan Nobel bidang ekonomi sejak hadiah Nobel dimulai tahun 1968, Senin 12 Oktober 2009.

Perempuan asal Amerika Serikat (AS) ini meraih hadiah Nobel ekonomi untuk karyanya mengenai kekuasaan ekonomi. Ostrom memenangkan Nobel bersama rekannya yang juga berasal dari AS, Oliver Williamson.

Hadiah Nobel bidang ekonomi ini diciptakan pada 1968 oleh bank sentral Swedia untuk mengenang Alfred Nobel. Royal Swedish Academy of Sciences menyebut karya Professor Ostrom, pengajar di Universitas Indiana, mendemonstrasikan bagaimana properti biasa bisa dikelola dengan baik oleh kelompok yang menggunakannya.

suport by sky-tronik

No comments:

Post a Comment