Wednesday, September 29, 2010

Budidaya ayam ketawa


Ternyata ayam juga mempunyai keunikan-keunikan,salah satu keunikan dari berbagai jenis ayam yaitu Ayam ketawa,Suara kokok ayam ini memang mirip dengan suara orang tertawa. Tidak heran, jika ayam ini dinamai ayam ketawa. Sepintas ayam ini tak ubahnya seperti ayam-ayam lainnya. Keistimewaan ayam-ayam ini ada pada suara kokoknya yang mirip orang ketawa(ngakak)

Ayam ketawa ini konon berasal dari Sulawesi, hanya dipelihara kalangan bangsawan bugis dan kini tergolong satwa langka yang terancam punah. Berbagai macam usaha Untuk melestarikan ayam ketawa ini,dengan digelarnya berbagai pameran ayam ketawa agar masyarakat kian tertarik membudidayakannya. Banyak orang yang tertarik dengan suara ayam yang unik ini, bahkan ada yang menyakini kalau ayam-ayam ketawa ini bisa mendatangkan berkah.

Memelihara ayam ketawa ini tidaklah sulit, cukup diberi makan berupa jagung dan pur, serta vitamin, agar tahan terhadap penyakit. Namun harga ayam ketawa ini cukup tinggi berkisar 3 juta hingga 16 juta rupiah perekor. Sedangkan harga ayam usia 10 hingga 15 hari, berkisar 500 hingga 750 ribu rupiah perekor.

Bahkan bagi para pecinta ayam ketawa ini sekarang telah berdiri sebuah Persatuan pecinta dan pelestari ayam ketawa indonesia(P3AKI)

mungkin anda tertarik untuk membudidayakan ayam ketawa ini....atau anda sudah menjadi salah satu pemilik ayam ketawa ini.Dan bagi teman-teman yang ingin melihat ayam ketawa ini.....silahkan cari aja di youtube,atau bagi anda yang gak pingin repot liat aja di bawah ini....


No comments:

Post a Comment