Thursday, October 7, 2010

Pentingnya mencantumkan sumber artikel


Top Blog ® - Kegiatan berselancar di dunia maya hari ini sangat menyenangkan,seperti hari-hari sebelumnya di awalai buka laptop trus pasang status mode on,colok modem ke laptop....kemudian dial up loading.... loading.....loading....
yes berhasil,kemudian ane klik app browsing kesayangan ku MOZILLA FIREFOX...setelah berada di halaman awal google,kemudian open new tab dan langsung deh aku masukan url=http://pushtop.blogspot.com (blog personal kesayangan ku) walau usianya baru 1 bulan berjalan tapi ada kesenangan tersendiri dengan blog ku yang satu ini...ntah mengapa sejak awal aku memang sangat senang dengan domain blog ini.

kegiatan bloging hari ini surfing ke beberapa blog teman,meninggalkan komentar dan pesan di chat box,setelah itu absen di SM bersama saling menyapa sesama rekan blogger yang hebat-hebat.Ternyata memang asyik juga dunia blogger.

Akhirnya surfing dan bloging ku terhenti di blog Modifikasi http://modification-blog.blogspot.com/ dari situ saya belajar cara membuuat Efek navigasi slide out dengan jquery.(terima kasih atas sharenya)

Dan kemudian saya tertarik dengan artikelnya http://modification-blog.blogspot.com/ tentang pentingnya mencantumkan sumber artikel saat kita membuat salinan artikel dari blog lain.

Nah biar mudah saya salin artikel beliau tentang pentingnya mencantumkan sumber artikel pada artikel yang kita salin(copy-paste) dari blogger lain.

Suatu hari Blogger Tune-Up berjalan-jalan (blogwalking) ke blog teman-teman blogger, alangkah terkejutnya ketika menemukan suatu blog yang didalamnya terdapat beberapa artikel Blogger Tune-Up. Sepintas mungkin artikel tersebut menggunakan bahasa sendiri terlihat dari gaya bahasa yang berbeda dengan Blogger Tune-Up, tetapi jika ditelaah baik-baik ternyata tips dan trik yang ditulis adalah milik Blogger Tune-Up. Hal ini terungkap setelah Blogger Tune-Up mencoba menggunakan script yang disertakannya. Sungguh diluar dugaan, script itu adalah buatan Blogger Tune-Up karena setelah di encode masih terdapat link Blogger Tune-Up, yang menjadi pertanyaan, kenapa sang blogger mengaku bahwa script itu dibuatnya sendiri dengan bahasa meyakinkan. Misal; "setelah hampir seminggu mengutak-atik script ini akhirnya saya berhasil membuat script ini untuk anda teman-teman blogger". Terkesan bahwa ini adalah sebuah bentuk pengakuan bahwa script tersebut dibuatnya sendiri. Apakah ada kesamaan ide dan script? Tapi kenapa link Blogger Tune-Up tertulis pada script tersebut? dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.
Pentingnya Sumber Artikel
Disini yang menjadi masalah bukanlah masalah hak cipta, karena Blogger Tune-Up terbuka bagi siapa saja yang ingin mengembangkan suatu artikel. Tapi lebih ke kesadaran para blogger untuk menyampaikan suatu bentuk terima kasih atau penghargaan kepada para pembuatnya. Memang tidak ada kode etik yang mengharuskan seseorang menuliskan sumber artikel, tetapi disinilah mari kita berdiskusi mengenai sumber artikel.
Mengapa jika suatu artikel diambil dari ide orang lain kita harus mencatumkan sumbernya?
Ada beberapa alasan yang mungkin bisa kita gunakan untuk menguatkan pencantuman sumber artikel, diantaranya;

* Ide yang ditulis oleh seorang blogger jelaslah mengalir dari hasil pemikirannya, walaupun mungkin itu hal sederhana, tetapi suatu hari jika ternyata ide sederhana tersebut merupakan awal dari suatu hal yang besar maka orang akan berusaha mencari asal-usul dari mana sebenarnya ide awal itu terbentuk. Dari sini jelaslah bahwa sang pemilik ide awal sangatlah menguasai ide tersebut, memahaminya dengan baik kenapa dan darimana ide tersebut hadir dan tertuang menjadi suatu artikel blog.
* Sumber artikel sangat memudahkan blogger lain untuk mengembangkannya menurut versinya walaupun mungkin artikel tersebut telah berpindah-pindah dari suatu blog ke blog lainnya atau mungkin juga sudah beralih bahasa. Tetapi selama sumber artikelnya tersedia maka orang yang akan mencoba mengembangkannya akan dengan mudah menemukan hal-hal yang menurutnya penting untuk dikembangkan.
* Mencantumkan sumber artikel adalah suatu bentuk kesadaran dari seorang blogger yang berjiwa besar dan suatu langkah awal menjadi blogger besar. Secara alami orang yang mampu menghargai orang lain akan mendapat perlakuan yang sama pula dari blogger lain. Lihatlah para blogger professional yang selalu saling membahas suatu artikel menurut pandangan blogger pemilik ide dan kemudian meramunya dengan ide dari dirinya sendiri, dari sinilah kemudian muncul suatu kesempurnaan.
* Sumber artikel membuat suatu artikel yang sederhana menjadi suatu artikel yang sangat bermanfaat dan bahkan menjadi suatu runutan bagi generasi-generasi berikutnya yang tidak perlu lagi berangkat dari awal, kian hari maka kian sempurna.
* Sumber artikel pada suatu artikel dapat pula meningkatkan kualitas blog keduanya, baik pemilik artikel maupun pengembang artikel. Keterkaitan ini membuat sistem yang kuat dan saling menguatkan satu sama lain, dan mesin pencari akan dengan mudah menempatkan suatu blog di hasil pencariannya, dengan kata lain ini adalah salah satu teknik SEO (Search Engine optimization) murni yang membuat peringkat kedua blog tersebut menjadi penting di mata mesin pencari.

Ini semua kembali kepada kesadaran para blogger, memilih untuk menjadi terbelakang dengan kegiatan pengakuan ide orang lain atau belajar menjadi blogger yang berjiwa besar. Ini adalah sebuah pilihan, memilih untuk dihargai atau dikucilkan, memilih untuk menjadi besar atau kecil, memilih untuk menjadi pintar atau menjadi bodoh. Ide, saran, kritikan, caci maki atau apalah bentuknya dengan senang hati Blogger Tune-Up terima... Mari sama-sama belajar berjiwa besar dan menjadi besar. Happy Blogging :)




No comments:

Post a Comment