Saturday, January 22, 2011

26th Sea Games

Pesta Akbar Olahraga se-Asia Tenggara akan segera bergulir. 26th Southeast Asian Games akan dilaksanakan di Palembang (kota host) dan Jakarta (kota co-host) pada tanggal 11-25 Nopember 2011. Ini akan menjadi keempat kalinya Indonesia menjadi tuan ruah Sea Games. Dan Palembang akan menjadi kota ketiga yang menjadi tuan rumah selain ibu kota negara, setelah Chiang Mai dan Nakhon Ratchasima dari Thailand.

Pada 10 November 2010 di Palembang, Menteri Olahraga dan Pemuda Indonesia memulai hitung mundur untuk pembukaan SEA Games. Upacara pembukaan akan dilaksanakan pada 11 November 2011 di sepanjang Sungai Musi dan di Benteng Kuto Besak , Palembang , Sumatra Selatan . Tanggal ini dipilih karena nomor unik 2011/11/11. Sedangkan untuk penutupan akan dilaksanakan di Stadion Gelora Sriwijaya.

Logo dan Masko
Logo resmi SEA Games kali ini adalah Garuda , yang juga simbol nasional Indonesia. Penampilan fisik Garuda merupakan kekuatan, sedangkan sayapnya melambangkan kemuliaan dan kemegahan. Stroke hijau melambangkan pulau-pulau, hutan, dan daerah pegunungan di kepulauan Indonesia, sedangkan stroke biru melambangkan luas laut Nusantara yang menyatukan perbedaan. Stroke merah melambangkan keberanian dan semangat membara untuk memberikan yang terbaik bagi negeri ini. Logo ini diperkenalkan pada saat Pertemuan Persiapan Sea Games di Teater Tanah Airku (TMII) Jakarta tanggal 3 Desember 2010. Sebelumnya, pemerintah Palembang memilih Gajah sebagai maskot melalui sebuah kontes terbuka, tetapi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menggunakan Rajawali sebagai gantinya.Rajawali adalah elang Indonesia. Maskot resmi untuk Sea Games adalah Komodo.

Transportasi
Dalam rangka untuk mempersiapkan atlet, pejabat, dan pengunjung selama pertandingan, beberapa perubahan yang signifikan dilakukan di kedua kota tuan rumah. Palembang memperluas perusahaan Sultan Mahmud Badaruddin 2 Airport lebih dari seratus persen. Saat ini bandara hanya dilayani oleh tujuh maskapai penerbangan dan hanya dilayani tiga negara ASEAN , yaitu Singapura, Malaysia, dan Thailand. Sehingga saat ini bandara meningkatkan jumlah penerbangan, terutama penerbangan dari Jakarta dan Singapura ke Palembang,  kemudahan ini untuk airflights sewaan dari negara lain peserta SEA Games. Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Sumatra Selatan akan menyediakan  40 bus , 100 midibus, 300 minibus, dan 100 sepeda motor untuk para atlet, pejabat, dan wartawan. Selain itu bus transit cepat, Trans Musi, akan melayani Palembang dan daerah sekitarnya seperti Ogan Hilir dan Banyuasin . Sedangkan Jakarta dilayani oleh Soekarno-Hatta International Airport.

No comments:

Post a Comment