Friday, February 11, 2011

Orangutan Terancam Punah

Orang utan merupakan satu2nya kera besar yang hidup di Asia.Kera Besar lainnya hidup di Afrika,Yaitu Simpanse,Bonobo dan Gorila.
Sepuluh Ribu tahun Yang Lalu,Orangutan di temukan diseluruh Asia Tenggara Sampai Ke Daratan Cina.Sejak itu,Daerah jelajah Mereka mengalami Penyusutan yang Amat Besar dan Saat ini Hanya dapat di temukan di Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan.(indonesia dan Malaysia)
Orang utan terdiri dari 2 Jeni,Yaitu orangutan Sumatera ( Pongo abelii ) dan Orangutan Borneo - kalimantan ( Pongo pygmaeus ).
Orangutan Adalah Jenis Satwa Arboreal ( di atas Pohon ) dan hidup SEMI SOLITER ( lebih sering menhabiskan waktunya menyendiri .
Pada umumnya, Orangutan betina tidak akan dewasa sampai berumur 12 tahun dan hanya melahirkan setiap 8 tahun sekali. Ini merupakan Tahap kelahiran yang paling lama di antara semua hewan Menyusui ( Mamalia ).
Dialam, Orang utan Tidak akan memiliki anak lebih dari 3 (tiga) sepanjang hidupnya.Orangutan betina memerlukan waktu kurang lebih 6 tahun untuk merawat dan membesarkan anaknya.
Orang utan merupakan Primata pemakan Buah (Frugivora), Memakan lebih dari 400 jenis tumbuhan termasuk daun,bunga dan kulit kayu.Mereka juga terkadang memakan serangga seperti Rayap dan Semut.
Orangutan sangat berperan penting dalam Ekosystem hutan tropis dimana mereka membantu menyebarkan biji untuk membentuk dan memelihara hutan hujan Tropis.
Orang Utan Terancam punah yang di sebabkan oleh berubahnya fungsi hutan menjadi perkebunan,industri,jalan,Penebangan liar,Kebakaran Hutan,dan Perburuan.
Menurut perkiraan orangutan akan punah pada tahun 2020 apabila tidak di lakukan pelestarian yang serius.

" Manusia Perlu Hutan , Hutan Perlu Orangutan "

No comments:

Post a Comment